Terlepas dari ukurannya, mayoritas bisnis saat ini mempraktikkan pemasaran Internet. Karena itu adalah cara paling murah bagi mereka untuk mencapai jutaan target pasar mereka. Tapi apa sebenarnya pemasaran internet itu?
Mendefinisikan Pemasaran Internet
Juga disebut pemasaran online, ini adalah proses mempromosikan merek, produk atau layanan melalui Internet. Cakupannya meliputi pemasaran email, manajemen hubungan pelanggan elektronik dan aktivitas promosi yang dilakukan melalui media wireless.
Ini juga menggabungkan aspek teknis dan kreatif dari World Wide Web seperti periklanan, perancangan, pengembangan dan penjualan. Selain itu, Internet Marketing juga berkaitan dengan membuat dan menempatkan iklan di tempat yang mudah dijangkau pelanggan.
Pemasaran online dibagi menjadi beberapa jenis:
Affiliate Marketing - Ini adalah praktik pemasaran dimana bisnis membayar pengecer online, situs e-commerce atau blog untuk setiap pengunjung atau penjualan yang dibuat oleh situs web ini untuk merek mereka.
Menampilkan iklan - Ini mengacu pada spanduk iklan yang ditampilkan di situs web atau blog lain untuk meningkatkan lalu lintas demi konten mereka sendiri. Hal ini, pada gilirannya, dapat meningkatkan kesadaran produk.
Email Marketing - Dari namanya sendiri, ini adalah proses pemasaran yang melibatkan menjangkau pelanggan Anda melalui email.
Inbound Marketing - Jenis pemasaran Internet ini melibatkan pembagian konten berharga gratis ke pasar sasaran Anda untuk meyakinkan mereka agar menjadi pelanggan setia Anda. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat blog bisnis.
Search Engine Marketing - Ini adalah bentuk pemasaran yang mempromosikan bisnis melalui iklan berbayar yang muncul di halaman hasil mesin pencari. Ini termasuk penempatan berbayar, periklanan kontekstual, penyertaan berbayar atau melalui pengoptimalan mesin pencari.
Optimisasi Mesin Pencari - Berlawanan dengan SEM, SEO menggunakan proses yang tidak berbayar dan alami untuk mempromosikan konten di SERPs. Ini mencakup penelitian dan penempatan kata kunci, membangun tautan dan pemasaran media sosial.
Social Media Marketing - Berdasarkan namanya, social media marketing adalah proses mempromosikan sebuah website melalui berbagai jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Google+, LinkedIn, Pinterest dan lainnya.
Mengapa Internet Marketing Penting?
Internet memiliki kekuatan untuk menghubungkan jutaan orang dari seluruh dunia. Dengan demikian, ia juga memiliki kemampuan untuk membawa bisnis Anda ke jutaan target pasar Anda di seluruh dunia. Apa yang membuat proses ini menjadi penyertaan terbaik untuk usaha promosi Anda adalah kenyataan bahwa Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang.
Selain itu, efektivitas iklan Anda dapat dengan mudah diukur dengan menggunakan alat analisis web dan analisis biaya-volume-keuntungan. Namun, ini mengharuskan Anda untuk mempelajari banyak aspek pemasaran Internet sehingga Anda akan tahu apakah usaha Anda memberi laba atas investasi yang Anda inginkan untuk bisnis Anda.
Belum ada tanggapan untuk "Apa Itu Internet Marketing? (Pemasaran Internet)"
Posting Komentar