
Mesin pencari memiliki dua fungsi utama: "Merayapi url & membangun indeks" dan juga "Menampilkan website yang dianggap revelan".
1. Merayapi url & membangun indeks
Coba kita bayangkan World Wide Web sebagai jaringan pemberhentian di sistem kereta bawah tanah kota besar.
Setiap pemberhentian adalah dokumen unik (seperti halaman web, kadang juga PDF, JPG, atau file lainnya). Mesin pencari membutuhkan cara untuk "merayapi/menjelajah" seluruh kota dan menemukan semua pemberhentian di sepanjang jalan, jadi mereka menggunakan jalur terbaik yang tersedia yaitu "tautan/link".
Struktur link pada sebuah website berfungsi untuk mengikat halaman web lainnya.
Tautan memungkinkan robot milik mesin pencarian, yang disebut "perayap" atau "spider", untuk menjangkau miliaran dokumen yang saling terkait di web.
Saat mesin pencari menemukan sebuah halaman, mereka menguraikan kode dari sebuah website yang dirayapi dan menyimpan potongan-potongan yang dipilih dalam database besar, untuk diingat nanti bila diperlukan untuk kata kunci penelusuran. Untuk mencapai tugas monumental dengan memegang miliaran halaman yang dapat diakses dalam sepersekian detik, perusahaan mesin pencari telah membangun pusat data di seluruh dunia.
Fasilitas penyimpanan raksasa ini membuat ribuan mesin memproses sejumlah besar informasi dengan sangat cepat. Ketika seseorang melakukan pencarian di salah satu mesin pencari, mereka menuntut hasilnya secara instan; Bahkan penundaan satu atau dua detik pun bisa menimbulkan ketidakpuasan, sehingga mesin bekerja keras untuk memberikan jawaban secepat mungkin.
2. Pemberi Jawaban
Mesin pencari adalah mesin jawaban. Ketika seseorang melakukan pencarian online, mesin pencari mengangkut miliaran dokumennya dan melakukan dua hal: pertama, hanya mengembalikan hasil yang relevan atau berguna untuk para pencari jawaban; Kedua, ini memberi peringkat hasil sesuai dengan popularitas situs yang menyajikan informasi. Relevansi dan popularitas merupakan teknik SEO yang perlu di pelajari.
Bagaimana mesin pencari menentukan relevansi dan popularitas?
Untuk mesin pencari, relevansi berarti lebih dari sekedar mencari halaman dengan kata-kata yang tepat. Pada hari-hari awal web, mesin pencari tidak melangkah lebih jauh dari langkah sederhana ini, dan hasil pencarian bernilai terbatas. Selama bertahun-tahun, para insinyur cerdas telah menemukan cara yang lebih baik untuk mencocokkan hasil dengan kata kunci pencari. Saat ini, ratusan faktor mempengaruhi relevansi, dan kita akan membahas yang paling penting dalam panduan ini.
Mesin pencari biasanya menganggap bahwa situs, halaman, atau dokumen yang lebih populer, semakin berharga informasi yang dikandungnya. Asumsi ini terbukti cukup berhasil dalam hal kepuasan pengguna dengan hasil pencarian.
Popularitas dan relevansi tidak ditentukan secara manual. Sebagai gantinya, mesin menggunakan persamaan matematis (algoritma) untuk mengurutkan gandum dari sekam (relevansi), dan kemudian memberi peringkat gandum sesuai kualitas (popularitas).
Algoritma ini sering terdiri dari ratusan variabel. Di bidang search engine marketing, kami menyebut mereka sebagai "ranking factors."
4 Tanggapan untuk "Bagaimana Mesin Pencari berjalan?"
Ternyata seperti ini cara nya...
nah kalau untuk caranya biar artikel mudah ke index google gimana ya mas ??kadang artikel saya susah keindex google nya.
oh gitu ya makasih gan infonya ane jadi tau cara kerja google hahaha kebetulan ane juga publihser nih
Wah begitu ya
Posting Komentar