Sebelum kita masuk ke dalam inti dari bab ini, saya ingin membuat satu hal yang sangat jelas: Ketika menyangkut SEO, setiap halaman adalah landing page. Dan ketika saya mengatakan "setiap halaman," maksud saya setiap halaman yang bisa dirayapi dan diindeks oleh mesin pencari.
Lalu apa yang kemudian bisa membuat landing page yang bagus? Ada banyak jawaban atas pertanyaan yang ada, hubungannya dengan desain, kegunaan, konversi, dll.
Biarkan saya memberi Anda beberapa hit cepat yang mencakup semuanya tanpa keluar dari lingkup saya di sini.
Landing page yang bagus:
1. Menangkap perhatian pengunjung.
2. Mengatasi kebutuhan, keinginan, dan persyaratan mereka.
3. Jawaban pertanyaan penting / relevan.
4. Mintalah mereka menginginkan solusi yang Anda berikan.
5. Mengarahkan mereka untuk melakukan tindakan tertentu.
6. Mengompres mereka untuk melakukannya.
Sekarang dengan semua itu, kami menyadari bahwa setiap halaman di situs web memerlukan perhatian profesional SEO. Tidak ada halaman web yang berada di luar cakupan dan bidang SEO.
Intinya: Jika halaman tersebut relevan dengan pengunjung, itu berarti juga relevan dengan SEO.
Tapi tidak semua halaman diciptakan sama. Setiap halaman di situs web akan:
Memiliki tujuan yang unik.
Menarik khalayak yang berbeda,
Pengunjung langsung ke tujuan yang berbeda.
Ini adalah pekerjaan profesional SEO untuk menentukan halaman mana yang paling bernilai - peluang terbesar untuk mendapatkan keuntungan - pada waktu tertentu dalam kampanye pemasaran digital.
Dengan pemikiran tersebut, mari bahas apa yang biasanya merupakan laman terpenting pada kampanye pengoptimalan dan mengapa.
Halaman yang SEO harus memberi Perhatian ke:
1. Home Page
Home page biasanya merupakan salah satu halaman yang paling banyak dikunjungi dari situs web manapun dan biasanya ini adalah halaman pertama yang dilihat pengunjung.
Tapi apakah pengunjung mendarat di halaman rumah Anda terlebih dahulu atau menavigasi dari halaman internal, mereka memiliki harapan tertentu tentang apa yang akan mereka temukan.
Beranda harus memberikan pandangan global tentang apa yang ditawarkan situs web. Ini seharusnya memberi pengunjung "gambaran besar" tentang produk dan layanan yang Anda tawarkan dan mengapa mereka harus berbisnis dengan Anda.
Home page Anda bertindak sebagai pintu bagi pengunjung untuk masuk dan memulai perjalanan mereka ke situs Anda di mana mereka akan menemukan rincian lebih lanjut tentang apa yang Anda tawarkan.
Banyak profesional SEO membuat kesalahan dengan mencoba mengoptimalkan home page untuk produk atau layanan utama bisnis. Strategi ini bisa baik-baik saja jika itu adalah produk tunggal atau perusahaan jasa. Tapi saat Anda menawarkan sesuatu di luar satu kategori produk, optimalisasi halaman rumah menjadi tidak relevan.
Strategi yang lebih baik dan lebih berkelanjutan untuk mengoptimalkan home page adalah dengan fokus pada nama merek perusahaan.
Dalam hal ini, yang membuat pengoptimalan beranda mudah karena saat Anda mengetikkan nama perusahaan, beranda bisnis itu harus lebih relevan daripada halaman manapun di situs pesaing.
Tapi, peringkat tidak satu-satunya alasan untuk mengoptimalkan halaman ini.
Sebenarnya, saya berpendapat bahwa mengoptimalkan beranda untuk klik-tayang dan keterlibatan jauh lebih penting daripada hal lainnya.
Mendapatkan peringkat hanya memberikan kesempatan untuk mendapatkan klik.
Apa yang pencari lihat dalam hasil pencarian?
Apakah memaksa pencari untuk mengklik ke dalam situs?
Sekali pengunjung mengklik, itu memberitahu mereka point penting, memberikan mereka alasan untuk menggali lebih lanjut ke dalam situs?
Bagian dari pekerjaan Anda adalah melihat bagaimana setiap halaman di situs ini berjalan. Jika beranda tidak melakukan pekerjaan dengan baik untuk menjaga pengunjung tetap berada di lokasi, maka dibutuhkan lebih banyak pekerjaan.
2. Halaman About Us
Studi telah membuktikan bahwa pengunjung yang telah melihat laman Tentang Situs akan lebih cenderung berkonversi daripada yang tidak.
Laman About Us mungkin tampak aneh untuk dioptimalkan, namun kenyataannya ada banyak kata kunci yang dibuat khusus untuk halaman ini.
Kata kunci yang terkait dengan industri atau produk yang memenuhi syarat dengan perusahaan, bisnis, biro iklan, perusahaan, kantor, biro, atau jenis kata kunci serupa bisa ditulis pada laman Tentang Kami. Dan mari kita hadapi itu, mencoba untuk menyesuaikan kata kunci ini di tempat lain adalah sulit.
3. Hubungi Kami
Hanya satu alasan pengunjung dengan sengaja akan menavigasi ke halaman Contact Us: Mereka menginginkan informasi kontak Anda.
Mungkin mereka akan mengirimi Anda email, mungkin mereka akan menelepon, atau mungkin mereka hanya ingin tahu di mana Anda berada. Dan inilah pilihan terakhir yang memberi kita makanan pengoptimalan prima.
Entah Anda orang satu wilayah atau perusahaan lokal, mau tak mau, beberapa orang lebih suka berbisnis dengan seseorang yang dekat.
4. Kategori Produk & Sub-Kategori Halaman
Kategori produk dan halaman sub-kategori memberikan peluang optimasi yang fantastis.
Tujuan halaman ini adalah untuk memberi akses pengunjung ke beberapa pilihan, biasanya merupakan halaman yang diinginkan.
5. Product Detail Pages
Bila pengunjung berada di fase ketertarikan dari siklus penjualan, mereka akan mengunjungi banyak halaman detail produk. Ketika mereka beralih ke tahap pembelian, itu berarti mereka mengumpulkan cukup banyak informasi untuk mengetahui dengan tepat apa yang mereka inginkan. Sekarang mereka hanya melihat detail yang bagus dan menentukan versi produk yang mereka inginkan dan siapa yang akan membelinya.
6. Halaman FAQ
Di Google answer, pertolongan dan FAQ telah menjadi lebih penting dari sebelumnya.
Meskipun begitu Anda selalu harus memastikan bahwa Anda menjawab pertanyaan di seluruh situs web Anda, halaman FAQ memberikan tangkapan yang bagus untuk informasi yang sering diminta.
7. Blog Category & Tag Pages
Setiap blog perlu memiliki kategori yang masing-masing posting masuk.
Anda dapat, jika Anda mau, selangkah lebih maju dan memberi tag pada kiriman Anda dengan kata kunci yang relevan. Pembaca yang menavigasi blog Anda dapat menggunakan kategori dan tag ini untuk menemukan konten yang lebih terkait.
Itu hanya blogging yang bagus!
Tapi sekarang apa?
Halaman kategori dan tag tersebut bisa menjadi halaman arahan yang bagus dengan sendirinya.
Lemparkan beberapa teks yang dioptimalkan yang tetap berada di bagian atas halaman tersebut dan kemudian entri blog yang mengisi sisa konten akan mengurus sisanya. Ini adalah kesempatan tambahan untuk menentukan peringkat frase yang mungkin tidak Anda targetkan di situs utama Anda.
Hati-hati jangan sampai menduplikat teks yang dioptimalkan pada halaman tambahan (halaman 2, 3, dll.) Untuk setiap kategori, atau jaga agar halaman tersebut tidak keluar dari indeks pencarian sehingga mereka tidak mendevaluasi teks yang Anda optimalkan.
8. Posting Blog
Setiap situs memiliki batasan jumlah halaman yang dapat ditambahkan sebelum terlalu berantakan dan mulai mengganggu proses konversi. Tapi hampir tidak ada batasan untuk jumlah topik yang relevan yang dapat Anda optimalkan untuk halaman. Di sinilah posting blog ikut bermain.
Setiap topik yang tidak dapat Anda jelajahi - atau tidak dapat Anda jelajahi secara mendalam - di situs utama Anda, dapat dieksplorasi dengan sangat rinci dalam sebuah posting blog. Atau sederet posting blog.
Setiap posting blog dapat ditargetkan untuk kebutuhan pencari tertentu dan digunakan untuk mengarahkan lalu lintas yang relevan ke situs Anda.
Tapi membuat pengunjung ke situs Anda tidak cukup.
Pastikan posting blog Anda berisi ajakan untuk kembali ke situs Anda.
Itu bukan izin untuk terus-menerus mempromosikan produk dan layanan Anda dengan setiap posnya, tapi bukan berarti Anda tidak dapat memberikan dorongan lembut kepada pembaca langsung untuk mendapatkan lebih banyak informasi.
9. PDF
OK, jadi secara teknis ini bukan halaman web, tapi PDF seringkali menjadi bagian dari pemberian informasi berharga bagi pengunjung Anda, meski dalam format yang berbeda.
PDF harus digunakan dengan hemat, namun bila digunakan, sebaiknya dioptimalkan, sama seperti halaman web lainnya.
Proses untuk mengoptimalkannya berbeda, tapi konsepnya sama.
Properti Dokumen PDF
Kesimpulan
Jika situs Anda memiliki halaman lain yang tidak disebutkan di sini, jangan berasumsi itu berarti itu tidak penting. Ingat, setiap halaman adalah halaman arahan, yang berarti setiap halaman bisa dan harus dioptimalkan. Dan tidak hanya untuk lalu lintas dari mesin pencari, tapi untuk kegunaan dan konversi.
Daftar ini akan Anda mulai, tapi Anda perlu membuat petualangan sendiri dari sini.
4 Tanggapan untuk "9 Type Halaman Penting pada Website. Master SEO Wajib Tau!"
keren ulasannya, bermanfaat banget :)
Saya juga masi sedikit belajar tentang SEO nih
Baca ini saya jadi merasa enggak tahu apa-apa, hiks!
Ilmu yang bermanfaat ini...Thanks:)
Wah sangat bermanfaat ini buat pengoptimalan blog nih :D
Wah bagus nih artikelnya, coba terapin ah :D
Posting Komentar