Aspek penting dari SEO adalah membuat situs web Anda mudah diakses bagi pengguna dan robot mesin pencari. Meski mesin telusur menjadi semakin canggih, mereka tetap tidak bisa melihat dan memahami halaman web dengan cara yang sama seperti yang dimiliki manusia. SEO membantu mesin mengetahui berapa halaman masing-masing, dan bagaimana hal itu berguna bagi pengguna.
Argumen Umum Terhadap SEO
Kita sering mendengar pernyataan seperti ini:
"Tidak ada insinyur cerdas yang akan membangun mesin pencari yang mengharuskan situs web mengikuti peraturan atau prinsip tertentu agar bisa diberi peringkat atau diindeks. Siapa pun dengan setengah otak menginginkan sebuah sistem yang dapat merangkak melalui arsitektur apa pun, menguraikan jumlah kompleks atau kode yang tidak sempurna, dan masih menemukan cara untuk mengembalikan hasil yang paling relevan, bukan yang telah 'dioptimalkan' oleh pakar pemasaran pencarian yang tidak berlisensi. "
tapi tunggu ... Bayangkan Anda memposting gambar setumpuk uang. Manusia mungkin menggambarkannya sebagai "warna merah, terdapat gambar presiden pertama RI, berbentuk persegi panjang." di sisi lain, mesin pencari terbaik di dunia akan berjuang untuk memahami foto demgan kecanggihannya. Bagaimana Anda membuat mesin pencari memahami foto? Untungnya, Seo memungkinkan webmaster untuk memberikan petunjuk bahwa mesin dapat menggunakan untuk memahami isi. Bahkan, menambahkan struktur yang tepat untuk konten Anda adalah penting untuk Seo. Pemahaman baik dari kemampuan atau keterbatasan dari mesin pencari memungkinkan Anda untuk membangun secara benar format dan keterangan konten web Anda dengan cara yang dapat dipahami mesin pencari. Tanpa Seo, website bisa saja tak terlihat di mesin pencari.
Batas-batas teknologi mesin pencari
Semua mesin pencari beroperasi pada prinsip yang sama, seperti yang Dijelaskan pada artikel Bagaimana Mesin Pencari Berjalan. Robot secara otomatis menjelajah web, ikuti link, dan indeks konten di lalu disimpan di database yang besar. mereka melakukannya dengan menggunakan kecerdasan buatan, tapi teknologi pencarian yang modern tidak serba bisa. Ada banyak keterbatasan teknis yang menyebabkan masalah yang signifikan dalam kedua inklusi dan tingkatan. Berikut ini adalah hal yang paling umum:
1. Masalah perayapan dan pengindeksan
Formulir online: Mesin pencari tidak pandai menyelesaikan formulir online (seperti login), dan dengan demikian setiap konten yang membutuhkan login agar bisa diakses, mesin pencari tidak akan mengindeksnya.
Halaman duplikat: Situs web yang menggunakan CMS (Content Management System) sering membuat versi duplikat dari halaman yang sama; ini adalah masalah utama bagi mesin pencari saat mencari konten yang benar-benar asli.
Diblokir dalam kode: Kesalahan dalam pengaturan perayapan situs web (robots.txt) dapat menyebabkan pemblokiran mesin telusur sepenuhnya.
Struktur tautan yang buruk: Jika struktur tautan situs web tidak dapat dimengerti oleh mesin telusur, mereka mungkin tidak menjangkau semua konten situs web; atau jika dirayapi, konten yang ada minimal mungkin dianggap tidak penting oleh indeks mesin.
Konten Bukan Teks: Meskipun mesin semakin baik membaca teks non-HTML, konten dalam format media masih sulit dilakukan oleh mesin telusur. Ini termasuk teks dalam file Flash, gambar, foto, video, audio, dan konten plug-in.
2. Masalah Pencocokan Kata Kunci dengan Konten
Istilah tidak biasa: Teks yang tidak ditulis dengan istilah umum yang digunakan orang untuk mencari. Misalnya, menulis tentang "unit pendinginan makanan" saat orang benar-benar mencari "kulkas".
Seluk-beluk bahasa dan internasionalisasi: Misalnya, "color" vs. "colour". Bila ragu, periksa apa yang dicari orang dan gunakan pencocokan tepat di konten Anda.
Penargetan lokasi yang tidak sesuai: Menargetkan konten dalam bahasa Polandia bila sebagian besar orang yang mengunjungi situs web Anda berasal dari Jepang.
Sinyal kontekstual campuran: Misalnya, judul posting blog Anda adalah "Kopi Terbaik Meksiko" tapi pos itu sendiri adalah tentang resor liburan di Kanada yang kebetulan menyajikan kopi yang lezat. Pesan campuran ini mengirimkan sinyal yang membingungkan ke mesin pencari.
Pastikan kontentmu dapat terlihat
Mengetahui rincian teknis seputar pengembangan web mesin pencari yang benar adalah hal yang penting, namun begitu dasar-dasarnya tercakup, Anda juga harus memasarkan konten Anda. Mesin sendiri tidak memiliki rumus untuk mengukur kualitas konten di web. Sebaliknya, teknologi pencarian bergantung pada metrik relevansi dan kepentingan, dan mereka mengukur metrik tersebut dengan melacak apa yang orang lakukan: apa yang mereka temukan, bereaksi, komentari, dan tautkan. Jadi, Anda tidak bisa hanya membangun situs web yang sempurna dan menulis konten yang bagus; Anda juga harus mendapatkan konten yang dibagikan dan dibicarakan.
Ketika pemasaran pencarian dimulai pada pertengahan tahun 1990an, submit manual, meta tag keyword, dan isian kata kunci adalah bagian rutin dari taktik yang diperlukan untuk mendapat peringkat yang baik. Pada tahun 2004, link booming dengan anchor teks, membeli gerombolan link dari injector spam komentar blog otomatis, dan pembangunan farming antar-link situs web semuanya dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan lalu lintas. Pada tahun 2011, pemasaran media sosial dan pencarian vertikal dimasukkan adalah metode utama untuk melakukan optimasi mesin pencari. Mesin pencari telah menyempurnakan algoritma mereka seiring dengan evolusi ini, sehingga banyak taktik yang berhasil di tahun 2004 dapat melukai SEO Anda hari ini.
Masa depan tidak pasti, tapi di dunia pencarian, perubahan adalah konstan. Untuk alasan ini, search engine marketing akan terus menjadi prioritas bagi mereka yang ingin tetap kompetitif di web. Beberapa orang mengklaim bahwa SEO sudah mati, atau jumlah SEO itu spam. Seperti yang kita lihat, tidak perlu pertahanan selain logika sederhana: situs web bersaing untuk mendapat perhatian dan penempatan di mesin pencari, dan mereka yang memiliki pengetahuan dan pengalaman untuk meningkatkan rangking situs web mereka akan mendapat manfaat dari peningkatan lalu lintas dan visibilitas.
Belum ada tanggapan untuk "Kenapa Search Engine Marketing Diperlukan?"
Posting Komentar